Minggu, 04 Januari 2015

Penyuntikan Tegangan

BISMILLAH ....
Pada saat kita mereparasi laptop, terkadang kita ingin mengetahui dengan cepat dimana letak kerusakan seperti short, dan lain sebagainya. seringnya teknisi menggunakan penyuntikan tegangan untuk mengetahui dimana ada short sirkuit sehingga menemukan sumber permasalahannya.
Bagi seorang teknisi kawakan dan berpengalaman tentu ini hal yang biasa, tetapi bagi yang belum memahami sirkuit laptop sebaiknya berhati-hati. Karena salah2 bisa merusak komponen yang lainnya.
Trik aman suntik tegangan merupakan salah satu metode kami dari metode yang lainnya, cara ini memang agak extrem dan berbahaya karena laptop langsung dialiri tegangan. Sekali lagi jika anda tidak mengetahui tentang sirkuit laptop dan tidak didampingin oleh ahlinya sebaiknya jangan mencoba-coba melakukan ini, namun jika anda siap resikonya silahkan saja dicoba....:D
kenapa kita perlu mengetahui tentang sirkuit laptop? tentu saja dengan mengetahuinya kita tahu berapa tegangan yang dibutuhkan ditempat2 motherboard laptop. ada tegangan yang katanya wajib, ada yang VS, ada sinyal2 perintah dan lain sebagainya. kalau kita sudah tahu...Insya Allah mudah saja melakukan penyuntikan dengan aman.

Gambar diatas adalah salah satu prosen penyuntikan tegangan di mainboard laptop sehingga diketahui part mana yang mengalami kerusakan.
OK sekian dulu catatan saya, semoga bermanfaat terutama bagi diri saya sendiri dan mudah2an bermanfaat pula bagi anda...

2 komentar: